SPMB 2017

Kata Pengantar

Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan program pendidikan tinggi lanjutan di atas pendidikan program sarjana untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai yang tertuang pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Penyelenggaraan pendidikan pascasarjana di Unsyiah didasarkan kepada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Syiah Kuala.

Pada Tahun akademik 2017/2018 ini, Unsyiah membuka pendaftaran mahasiswa baru pada 30 Program Studi Jenjang Magister (S2) dan tujuh Program Studi Jenjang Doktor (S3) dengan kapasitas 1430 calon mahasiswa. Penerimaan mahasiswa baru pendidikan pascasarjana di Unsyiah dilakukan secara mandiri melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Pascasarjana tahun 2017. Berdasarkan hasil rapat Bidang Akademik Unsyiah tanggal 28 Februari 2017, penyelenggaraan SPMB Pascasarjana Unsyiah tahun 2017 dilakukan di bawah koordinasi Program Pascasarjana (PPs) Unsyiah.

SPMB Pascasarjana Unsyiah 2017, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama dengan Fakultas dan Program Studi terkait di Unsyiah. SPMB Pascasarjana Unsyiah 2017 adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-based Testing) yang dikombinasikan dengan tes wawancara dan pemaparan rencana penelitian calon mahasiswa, yang dilakukan secara bersama PPs, Fakultas, dan Program Studi di bawah koordinasi panitia SPMB.

Pembiayan penyelenggaraan SPMB Pascasarjana Unsyiah tahun 2017 sepenuhnya bersumber dari biaya registrasi dan seleksi para calon mahasiswa. Informasi lebih lanjut meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan program studi, secara rinci diasmpaikan pada laman www.pps.unsyiah.ac.id dan website masing-masing program studi

Latar Belakang

Kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa baru merupakan hal yang sangat penting bagi suatu institusi Perguruan Tinggi, yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas dan memiliki kompetensi dasar yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan rutin bagi seluruh institusi pendidikan, karena itu penyelenggaraannya harus profesional, terjamin, terukur dan efesien.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang menyatakan bahwa penerimaan mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dapat dilakukan secara mandiri maka Universitas Syiah Kuala berhak menyelenggarakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru untuk Pascasarjana tahun 2017. Untuk menunjang kegiatan tersebut, maka dikeluarkanlah disusun Buku Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Tahun 2017 dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru pada Universitas Syiah Kuala yang diawali proses pendaftaran, ujian seleksi, sampai pengumuman hasil kelulusan. Penerimaan mahasiswa baru dilakukan pada awal semester mengikuti kalender tahun akademik Universitas Syiah Kuala.

Sistem dan tahapan bagi semua calon peserta program berlaku persyaratan umum, persyaratan akademik, dan persyaratan administrasi. Persyaratan tersebut merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk dapat dinyatakan lulus dalam seleksi tahap akhir. Seleksi administrasi dan akademik yang berupa rangkaian tes kompetensi dasar (TPA) dan kemampuan Bahasa Inggris (setara TOEFL) dilaksanakan secara terpusat oleh Panitia SPMB Pascasarjana, sedangkan untuk tes kemampuan konsentrasi program studi dan wawancara (termasuk proposal studi) dilakukan oleh tim seleksi akademik di tingkat Program Studi.

Hasil tes dan kelengkapan administratif yang telah dipenuhi kemudian dijadikan bahan pertimbangan untuk penerimaan calon tahap akhir. Kelulusan tahap akhir dilakukan melalui rapat panitia yang dihadiri oleh Rektor dan atau Wakil Rektor 1, Direktur PPs, Dekan Fakultas terkait, dan Ketua Pelaksana SPMB yang dipimpin oleh Rektor. Hasil keputusan rapat penerimaan mahasiswa tahap akhir ditetapkan dengan surat keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala.

Buku ini memuat beberapa persyaratan dan ketentuan penerimaan calon mahasiswa baru pada Program Doktor/S3 dan Program Magister/S2

KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN

Ketentuan Umum

SPMB Pascasarjana 2017 merupakan seleksi calon mahasiswa baru pascasarjana Universitas Syiah Kuala yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar yang dikoordinasikan oleh Program Pascasarjana (PPs) Universitas Syiah Kuala. Penyelenggaraan seleksinya menggadopsi pola yang dilakukan dalam jalur mandiri, yaitu berdasar hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-based Test) yang dikombinasikan dengan ujian wawancara calon mahasiswa, yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SPMB Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 2017. Persyaratan umum calon mahasiswa adalah sebagai berikut :

  • Warga negara Indonesia yang memiliki ijazah sesuai dengan bidang ilmu yang dipilih dari Perguruan Tinggi (PT) Negeri, atau PT Swasta dan PT luar negeri yang telah diakreditasi oleh Menteri Ristekdikti RI.
  • Warga negara asing yang memiliki ijazah dan memperoleh ijin belajar dari Menteri Ristekdikti RI dan mampu berbahasa Indonesia yang baik dan benar untuk mengikuti pendidikan pascasarjana.
Persyaratan Akademik

Program Doktor

  1. Lulusan Magister (S2) dari Prodi yang berakreditasi
  2. IPK calon mahasiswa minimal > 2,75
  3. Memiliki rencana penelitian (proposal tentative)
  4. Rekomendasi minimal 2 (dua) orang Professor dan atau Doktor
  5. Sanggup membiayai dana pendidikan (Surat Keterangan Kesanggupan)
  6. Izin dari instansi bagi yang telah bekerja (Surat Izin dari atasan).
  7. Lulus seleksi ujian masuk yang diselenggarakan oleh panitia SPMB Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Program Magister

  1. Lulusan Sarjana (S1) dari Prodi yang berakreditasi
  2. IPK calon mahasiswa minimal > 2,75 (0-4)
  3. Rekomendasi dari 2 orang yang mengenal calon (atasan dan/atau dosen pembimbing)
  4. IPK 2,50 – 2,74 (0-4) atau yang setara, dapat dipertimbangkan untuk diterima dengan status percobaan (memiliki prestasi dalam bidang tertentu).
  5. Bagi yang memiliki ijazah D4 sesuai dengan kompetensi bidang ilmu yang dipilih dengan IPK ≥ 3.00,
  6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan nilai setara TOEFL 477 atau IELTS 5.0. Jika nilai ini tidak dicapai pada awal pendaftaran, calon dapat diterima sebagai mahasiswa jika lulus testing masuk, namun harus dilakukan tes ulang sehingga mencapai nilai 477 sebelum ujian thesis dilaksanakan.
  7. Mengusulkan topik penelitian yang berada dalam lingkup ilmu yang akan dikembangkannya yang disusun dalam bentuk kerangka usulan penelitian (sinopsis).

Penerimaan

Peserta seleksi lulus pendidikan strata 1 (untuk Program Magister) atau Strata 2 (untuk Program Doktor), sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing Program Studi yang dituju di Unsyiah, termasuk besaran SPP dan Sumbangan Pengembangan Institusi yang besarnya dapat dilihat website PPs Unsyiah.

Persyaratan Residensi

Pengertian residensi adalah melakukan regstrasi sebagai mahasiswa pascasarjana. Persyaratan minimum residensi adalah 2 (dua) semester berturut-turut. Khusus untuk mahasiswa program Doktor, residensi sesudah mahasiswa yang bersangkutan melakukan Ujian Komprehensif.

Prosedur Pendaftaran

  1. Melakukan Pembayaran Biaya Pendaftaran (untuk memperoleh nomor PIN Registrasi) di Bank Mandiri (host to host tanpa nomor rekening) dengan kode pembayaran:
    1. PIN Magister : 3
    2. PIN Dokter : 6
  2. Mengisi dan mencetak Formulir Pendaftaran online yang tersedia pada web: www.pendaftaranpps.unsyiah.ac.id
  3. Menyerahkan Formulir Pendaftaran ke Sekretariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (Gedung A Lt. 2) Pascasarjana Universitas Syiah Kuala beserta kelengkapan berkas:
    1. Slip Bank Biaya Pendaftaran;
    2. Photocopy Ijazah Sarjana/Magister legalisir (perlihatkan dokumen asli);
    3. Photocopy Transkrip Nilai legalisir (perlihatkan dokumen asli);
    4. Photocopy Akreditasi Program Studi asal;
    5. Pas Photo Warna ukuran 3x4 cm dan 4x6 cm masing-masing 3 lembar;
    6. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah;
    7. Surat Izin dari atasan (bagi pegawai/karyawan);
    8. Surat Rekomendasi dari 2 orang Pakar Senior (Dosen/Atasan);
    9. Surat Kesanggupan Biaya Studi (materai Rp. 6.000,-); dan
    10. Surat Tanda Registrasi, Uji Kompetensi, atau Pengalaman Kerja (Magister Keperawatan)
  4. Mengambil Kartu Ujian di Sekretariat Pascasarjana
  5. Metode Seleksi:
    1. [Tanpa Test] Menyerahkan Nilai TPA BAPPENAS dan Nilai TOEFL ITP
    2. [Tes] Mengikuti Ujian Seleksi Masuk di Gedung Pascasarjana

Pengumuman Kelulusan Mahasiswa baru dapat dilihat pada website resmi diwww.pps.unsyiah.ac.id dan unsyiah.ac.id

JENIS UJIAN

Ujian Tertulis (PBT)

Materi Ujian Tertulis terdiri atas:

  1. Uji Kemampuan Akademik (TPA);
  2. Uji Kemampuan Bahasa Inggris; dan
  3. Tes Kemampuan Konsentrasi Program Studi.
  4. Ujian Wawancara

Semua Program Studi wajib melaksanakan ujian wawancara, khusus bagi Program Sudi Doktoral dilanjutkan dengan presentasi proposal penelitian di depan calon promotor.

BIAYA PENDIDIKAN

Biaya Program Magister
1. Biaya Pendaftaran Magister (PIN) : Rp. 750.000,- (Kode Pembayaran : 3)
2. Biaya Pengembangan Magister : Rp. 1.500.000,-
3. Biaya Matrikulasi Magister*) : Rp. 1.500.000 - Rp. 3.000.000
4. Biaya SPP Magister Reguler *) : Rp. 5.000.000 - Rp. 10.000.000
5. Biaya SPP Magister Paket **) : Rp. 33.000.000 – Rp. 45.000.000

Biaya Pendaftaran Doktor
1. Biaya Pendaftaran Doktor (PIN) : Rp. 1.750.000,- (Kode Pembayaran : 6)
2. Biaya Pengembangan Doktor : Rp. 3.000.000,-
3. Biaya Matrikulasi Doktor*) : Rp. 3.000.000,-
4. Biaya SPP Doktor*) : Rp. 10.000.000 - Rp. 12.000.000

Keterangan :

*) Setiap prodi berbeda besaran biaya SPP dan Matrikulasi
**) Khusus Prodi Magister Manajemen dan Magister Akuntansi

JADWAL UJIAN

Ujian Tertulis dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 25 Juli 2017, sedangkan Ujian Wawancara dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 26 Juli 2017 dengan rincian sebagai berikut.

Mata UjianWaktu UjianLokasi
Uji Kemampuan Akademik (TPA)08. 00 – 09.30PPs Unsyiah
09.30 – 10.00Istirahat
Uji Kemampuan Bahasa Inggris10.00 – 12.00PPs Unsyiah
12.00 – 13.00Istirahat
Tes Kemampuan Konsentrasi Program Studi13.00 – 17.30Masing-masing Prodi

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

Jumlah penerimaan calon mahasiswa disesuaikan dengan kuota masing-masing Program Studi dan Hasil ujian akan diumumkan pada hari Senin, tanggal 7 Agustus 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.unsyiah.ac.id. dan http://www.pps.unsyiah.ac.id.

NOPROGRAM STUDIKUOTAKETERANGAN
1DIEDoktor Ilmu Ekonomi20orang
2DIHDoktor Ilmu Hukum15orang
3DITDoktor Ilmu Teknik20orang
4DIMDoktor Ilmu Manajemen20orang
5DIPDoktor Ilmu Pertanian10orang
6DMASDoktor Matematika dan Aplikasi Sains25orang
7DPIPSDoktor Pendidikan IPS20orang
8MIEMagister Ilmu Ekonomi80orang60 Reguler, 20 Kerjasama
9MMMagister Manajemen100orang30 Reguler, 70 eksekutif
10MIHMagister Ilmu Hukum50orang
11MKSDLMagister Konservasi dan Sumber Daya Lahan50orang
12MAPMagister Administrasi Pendidikan100orang
13MTSMagister Teknik Sipil100orang
14MAMagister Akuntansi95orang(50 reguler, 20 join program, 25 kelas kerjasama)
15MPBSIMagister Pendidikan Bahasa Indonesia35orang
16MPBENMagister Pendidikan Bahasa Inggris40orang
17MTKMagister Teknik Kimia25orang
18MPOMagister Pendidikan Olahraga50orang
19MTMMagister Teknik Mesin40orang
20MKESMAVETMagister Kesehatan Masyarakat Veteriner30orang
21MIKMagister Ilmu Kebencanaan30orang15 Reguler,15 Non-Reguler
22MPBIOMagister Pendidikan Biologi45orang
23MPIPAMagister Pendidikan IPA75orang
24MPMATMagister Pendidikan Matematika50orang
25MAGRMagister Agroekoteknologi30orang
26MKEPMagister Keperawatan30orang
27MMATMagister Matematika20orang
28MPSPTMagister Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Terpadu25orang
29MTEMagister Teknik Elektro40orang
30MKIMMagister Kimia20orang
31MABMagister Agribisnis20orang
32MBIOMagister Biologi25orang
33MFISMagister Fisika20orang
34MTIMagister Teknik Industri15orang
35MTIPMagister Teknologi Industri Pertanian20orang
36MPETMagister Peternakan20orang
37MKNMagister Kenotariatan20orang
1430orang

JADWAL PELAKSANAAN
TANGGALKEGIATANTEMPAT
20 Maret –

12 Juli 2017

Pembayaran Biaya PendaftaranBank Mandiri
Pendaftaran Onlinewww.pendaftaranpps.unsyiah.ac.id
Penyerahan Berkas Ujian Masuk PPs UnsyiahSekretariat PPs Unsyiah
13 Juli 2017Verifikasi berkas calon mahasiswa Non-Ujian Tuliswww.pps.unsyiah.ac.id
17 – 20 Juli 2017Pengambilan Kartu UjianSekretariat PPs Unsyiah
25 Juli 2017Uji Kemampuan Akademik (TPA)Gedung PPs Unsyiah
Uji Kemampuan Bahasa InggrisGedung PPs Unsyiah
26 Juli 2017Uji Bidang Studi dan WawancaraFakultas/Program Studi
1 Agustus 2017Pengumuman Kelulusan Mahasiswa Baruwww.pps.unsyiah.ac.id

www.unsyiah.ac.id

7 – 11

Agustus 2017

Pembayaran Biaya Matrikulasi, SPP, Biaya Pengembangan LembagaSecara host to host (Bank Mandiri dan BNI)
14 – 21 Agustus 2017Pendaftaran Ulang sesuai dengan jadwal per Program StudiUPT. TIK Unsyiah
21 – 25 Agustus 2017Pengisian dan Pengembalian KRSProgram Studi
28 – 31 Agustus 2017MatrikulasiProgram Studi
2 September 2017Orientasi Mahasiswa BaruGedung PPs dan Fakultas di lingkungan Unsyiah
4 September 2017Kuliah PerdanaProgram Studi


LAIN-LAIN

Informasi resmi mengenai SPMB Pascasarjana Unsyiah 2017 dapat diakses melalui laman http://www.unsyiah.ac.id. dan http://www.pps.unsyiah.ac.id.

Alamat: Gedung Pascasarjana Prof. Dr. Ibrahim Hasan, MBA. Universitas Syiah Kuala, Jalan Tgk. Chik Pante Kulu No. 5, Darussalam, Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Telp.: 0651-7555110, Fax.: 0651-7551002
Email: ppsunsyiah@unsyiah.ac.id

Bagikan halaman ini